KELAYAKAN USAHA TUGAS ONLINE 6
TUGAS
ONLINE 1
Peluang
Usaha
SOAL PERTAMA
1. Bisnis
aksesoris mobil
2. Pembuatan
kartu ulang tahun
3. Menjual
buku
4. Membuka
kursus
5. Membuka
les privat
6. Tas
7. Menjual
baju, celana
8. Tempat
penginapan
9. Berjualan
pulsa
10. Menjadi
blogger
11. Membuat
souvenir
12. Kue
kecil-kecilan (bisa menjadi Catering)
13. Menjual
alat tulis kantor
14. Laudry
15. Usaha
warnet
16. Jasa
video shooting
17. Usaha
merangkai bunga
18. Buka
toko
19. Usaha
menjahit
20. Guru
tari
21. Jasa
recycle (daur ulang)
22. Jasa
promosi
23. Budidaya
tanaman/bunga
24. Mengetik
25. Tata
area rumah
26. Merakit
computer
27. Guru
vocal
28. Menyewakan
barang-barang tertentu
29. Seni
menganyam
30. Melacak
barang-barang antik
SOAL KEDUA
1. Bisnis
aksesoris mobil
2. Pembuatan
kartu ulang tahun
3. Menjual
buku
4. Membuka
kursus
5. Membuka
les privat
6. Tas
7. Menjual
baju, celana
8. Tempat
penginapan
9. Berjualan
pulsa
10. Menjadi
blogger
SOAL KETIGA
1. Membuka
les privat
2. Tas
3. Menjual
baju, celana
4. Tempat
penginapan
5. Berjualan
pulsa
SOAL KEEMPAT
1. Berjualan pulsa
TUGAS
ONLINE 2
TUGAS INDIVIDU
“ORGANISASI USAHA”
Disusun oleh:
NIA AMELIA
(2014-36-022)
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2015
1.Nama Perusahaan :
Sinar Celluler
2.Bidang Usaha :
Usaha Pulsa
3.Badan Hukum
Tahun : Tahun 2013
4. Alamat Perusahaan :
Jl.Cengkareng Barat blok SE 1 No.0511730
5.Telepon/Email : (021)
98591561/ Niaamelia.na14@gmail.com
6. Struktur Organisasi
:
Mempunyai 2 cabang, disetiap cabangnya
terdiri dari 5 karyawan. Jumlah karyawan saat ini adalah 10 orang.
7.Nama Pemilik : Nia Amelia
8. Logo Perusahaan :
USAHA
SINAR CELLULER
JL.CENGKARENG BARAT BLOK SE 1
NO.0511730
TUGAS ONLINE 3
TUGAS
ONLINE INDIVIDU
“RENCANA PEMASARAN”
Disusun oleh:
NIA AMELIA (2014-36-026)
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2015
1. Jenis
barang/jasa yang dijual : Pulsa
2.
Keunggulan produk dibanding
pesaing : Keunggulan berjualan pulsa mendapatkan keuntungan, bisa menjalani
relasi yang baik bersama orang sekitar karena biasanya para pembeli butuh pulsa
tengah malam dansaat keadaan mendesak.
3.
Target pembeli (kelas pembeli) : Semua kalangan dan lingkungan sekitar
4.
Daerah penjualan (kota, negara) : Saya berjualan pulsa di
daerah Kebon Jeruk membuka usaha pulsa lainnya.
Aspek permasaran lainnya:
1. Permintaan :
a. Lokasi :Kebon Jeruk (Kampus)
b. Jumlah penduduk :1.783.864
c. Usia :18+
d. Pendapatan :
Penjualan senin-kamis (4
hari)
Pulsa
5.000 (Suplier) : 5.000
Pulsa
10.000 (Suplier) :
10.000
Reseller
Menjual Pulsa 5000 :
6.000
Reseller Menjual Pulsa 10.000 : 11.000
ü Penjualan per Hari 5pcs (5.000) x 6.000 = 30.000/ hari
ü Penjualan per Hari 5pcs (10.000) x 11.000 = 55.000/
hari
ü Penjualan per Minggu (4hari) 20pcs (5.000) x 6.000 = 120.000/minggu
ü Penjualan per Minggu (4hari) 20pcs (10.000) x 11.000
= 220.000/minggu
ü Penjualan per Bulan (16hari) 80pcs (5.000) x 6.000 = 480.000/bulan
ü Penjualan per Bulan (16hari) 80pcs (10.000) x 11.000
= 880.000/bulan
ü Jadi 80pcs pulsa (5.000) dan 80pcs pulsa (10.000)
dalam 1bulan
Pendapatan
dari supplier :
80pcs pulsa (5.000) x 5.000 (harga suplier) = 400.000
80pcs pulsa (10.000) x 10.000 (harga suplier) = 800.000
e.
Potensi pembeli : Semua kalangan
f.
Penjualan per bulan :
Setiap Bulan 80pcs (5.000) x 6.000
(harga reseller/jual) = 480.000/bulan
Setiap
Bulan 80pcs (10.000) x 11.000 (harga reseller/jual) = 880.000/bulan
Jadi
total 80pcs (Baju
dan Sepatu) dalam 1 bulan
Jadi,
Pendapatan/keuntungan
bersih pulsa (5.000) 480.000 – 400.000 = 80.000/bulan
Pendapatan/keuntungan
bersih pulsa (10.000) 880.000 – 800.000 = 80.000/bulan
g.
Penjualan per tahun dan
sebagainya :
Pendapatan/keuntungan
bersih pulsa (5.000) 480.000 – 400.000
= 80.000/bulan
80.000/bulan x 12 (bln) = 960.000/tahun
Pendapatan/keuntungan
bersih pulsa (10.000) 880.000 – 800.000 = 80.000/bulan
80.000/bulan x 12 (bln)
= 960.000/tahun
2. Penawaran :
a. Kapasitas pesaing utama :-
b. Rencana penjualan :Akan
menambah cabang cabang di daerah yang sangat setrategis terutama dilingkungan
sekolah maupun kampus.
c. Mangsa pasar dan sebagainya :Semua kalangan
3. Tingkat pertumbuhan :
a. Pertumbuhan permintaan berdasarkan pertumbuhan
penduduk (%) :
60%
b. Pertumbuhan penawaran berdasarkan pertumbuhan
ekonomi (%) : 80%
c. Pertumbuhan penjualan (%) dan sebagainya :
90%
4. Persaingan :
a. Pesaing utama (keunggulan) : tidak ada pesaing, keunggulannya mendapatkan keuntungan bisa
menjalani relasi yang baik kepada oang lain.
b. Pemasaran(product, price, place, promotion) :
Product: Pulsa
Price: 6000-11.000
Place : Area kampus
Promotion : melalui anak anak kampus dan lainnya
c. Biaya distribusi/place (Rp) :100.000
d. Biaya promosi (Rp) :-
e. dan sebagainya :Makaroni Pesaing
ini tidak kuat lama atau biasa disebut tidak renyah lagi ,jika dibanding Makaroni Ngehe yang kuat hingga 1
minggu.
TUGAS ONLINE 4
TUGAS
ONLINE INDIVIDU
“RENCANA PRODUKSI”
Disusun oleh:
NIA AMELIA (2014-36-022)
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ESA UNGGUJAKARTA
2015
1.
Rencana Produki
Produk yang akan
dijual dalam usaha ini adalah pulsa electrik nominal mulai dari 1.000 hingga
100.000 dari berbagai operator seluler di Indonesia seperti: XL, ESIA,
SMARTFREN, INDOSAT, STARONE, FLEXI, TELKOMSEL, AXIS, CERIA, DAN THREE.
2. Waktu Pelaksanaan
Pelayanan kepada
konsumen dapat dilakukan setiap hari mulai dari pukul 06.00 – 21.30 WIB, tetapi
pemesanan pulsa sebelum/sesudah jam layanan akan dilayani walaupun tidak
secepat jam pelayanan konsumen.
3. Peralatan Usaha
Dalam usaha pulsa
elektrik ini peralatan yang dibutuhkan untuk operasional adalah sebagai
berikut:
a. Telepon
Genggam/HP
b. Buku
c. Alat
Tulis
4. Proses Penyediaan Produk
Pengadaan produk dalam
hal ini bekerjasama dengan penyedia deposit pulsa (pemasok) yaitu “Dunia
Voucher”. Kemudian pemasok akan memberikan ID kepada pengusaha. Pada saat
pengadaan produk, pengusaha akan mendepositkan sejumlah uang kemudian pemasok
akan mengirimkan deposit pulsa ke ID pengusaha.
Pendepositan pulsa
dilakukan setiap 3 hari sekali ( 10 kali dalam Sebulan) agar dalam melayani
penjualan pulsa dapat dilakukan secara maksimal. Dan jika jumlah penjualan
setiap bulan meningkat maka pendepositan pulsa jumlahnya akan ditambah.
ASPEK PEMASARAN :
1. Segmen Pasar
Konsumen yang dituju
adalah masyarakat yang menggunakan telepon genggam. Daerah
pemasarannya adalah daerah sekitar tempat usaha.
2. Strategi
Pemasaran
Cara penjualan yang
dilayani adalah dengan cara penjualan langsung dan secara pesanan. Penjualan
langsung dilakukan dengan cara pembeli datang langsung kepada pengusaha.
Sedangkan penjualan secara pesanan yaitu dengan cara pembeli cukup memesan
pulsa melalui sms sehingga pembeli tidak perlu datang menemui pengusaha. Cara
ini memudahkan konsumen dalam membeli pulsa jika tidak dimungkinkan untuk
menemui pengusaha. Namun cara pesanan ini hanya berlaku bagi
konsumen yang berlangganan dan sudah diketahui identitasnya secara jelas.
3. Promosi
Promosi yang dilakukan
dengan cara promosi dari mulut ke mulut dan melakukan promosi langsung kepada
konsumen.
4. Penetapan Harga
Untuk menetapkan harga, diperlukan
beberapa aspek yang digunakan sebagai dasar dalam menetapkan harga antara lain:
a. Aspek
Pesaing
Cara menetapkan harga
berdasarkan aspek ini adalah dengan melakukan penelitian harga yang digunakan
oleh pesaing. Agar produk yang dijual dapat laku maka harga dibuat lebih murah
atau sebanding dengan harga pesaing/harga pasaran.
b. Aspek
Harga Pokok
Pengusaha menentukan
harga pokok produk berdasarkan harga produk tersebut dari pemasok.
c. Aspek
Biaya
Selain aspek – aspek
yang telah disebutkan diatas, perlu diperhatikan tentang aspek biaya. Hal ini
sangat penting karena biaya juga merupakan pengeluaran yang perlu diperhatikan
untuk menentukan harga pokok dan laba/rugi suatu usaha.
5. Tanah
12M .
Bangunan : 3x3 M
Tata letak bangunan
berbentuk segi empat menghadap jalan raya
TUGAS ONLINE 5
TUGAS
ONLINE INDIVIDU
“KEUANGAN USAHA”
Disusun oleh:
NIA AMELIA (2014-36-022)
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS ESA UNGGUL
JAKARTA
2015
1.
Payback period harus lebih cepat dari
perkiraan pengembalian modal :
Jika saldo awal yang dijadikan modal jualan pulsa adalah Rp.
50.000,- misalnya, maka pastikan agar saldo Anda tidak berkurang dari itu.
Untuk mengetahui hal tersebut, buatlah catatan kecil dan pos khusus untuk
menyimpan modal tersebut.
Contoh :
Saya menyiapkan uang sebesar 50 ribu sebagai modal awalnya. Saat
ada pembeli awal untuk pulsa simpat xl dan lainnya yang 5000, otomatis saldo
yang tersisa adalah 50.000 – 5.325 = Rp. 44.675,-.
Hal tersebut terus terjadi, penjualan terus saya dapatkan, sehingga saldo yang
dimiliki tinggal 9.000 misalnya. Jika hal itu terjadi, maka seharusnya di pos
penyimpanan uang yang didapatkan dari penjualan pulsa sudah tersedia kurang
lebih 50 ribu. saya langsung menambahkan uang tersebut ke saldo, sehingga saldo
yang dimiliki saya adalah 59.000,- (sudah bertambah sebesar 9000 dari awal
memulai). Hal tersebut terus saya lakukan dari minggu ke
minggu, bulan ke bulan, dan dari tahun ke tahun. Hingga modal yang dimiliki
dalam bentuk saldo bisa jadi ratusan ribu, bahkan jutaan.\\
2.
Benefit Cost ratio (BCR) harus
lebih besar dari 1,00 :
Keuntungan
langsung dengan menjual pulsa ke konsumen
Artinya Anda Agen pulsa
elektrik dapat langsung melakukan transaksi jual pulsa elektrik ke konsumen
setelah Anda menjadi member di pulsa-matic dan telah mengisi saldo deposit
pulsa tersebut. Dan tentunya Anda sudah dapat menjual produk berupa pulsa
elektrik all operator dengan harga master pulsa untuk di jual ke Konsumen
sesuai harga pasaran yang ada di lingkungan Anda.
Contoh : Konsumen membeli pulsa
nominal 50 produk Three ( Harga dasar 49.250 ) Anda jual dengan harga Rp.
51.000
ü Harga jual pulsa – Harga dasar pulsa
ü Rp. 51.000 – Rp. 49.250
ü Rp. 1.750
Kerugian berjualan pulsa
upayakan agar tidak melakukkan transaksi
penjualan pulsa dengan memberikan hutang (transaksi pulsa tidak langsung di baya), kecuali
untuk orang orang tertentu yang dalam kondisi darurat dan tidak segan untuk
menagihnya dikemudian hari. Hal ini sebenrnya agak sulit di lakukkan, apalagi
jika yang bersangkutan merupakan orang yang kita kenal. Namun diusahakan sebisa
mungkin dan sehalus mungkin permintaan transaksi pulsa dengan hutang, kita
tolak.
3.
Net Present Value (NPV) harus
bernilai positif :
Analisa Kelayakan Bisnis
1. Analisa aspek pemasaran Dalam
anaisis pemasara ada beberapa komponen yang harus dianalisa dan dicermati,
diantaranya :
• Kebutuhan dan keinginan konsumen
• Segmentasi pasar
• Target
• Nilai tambah
• Masa hidup produk
4.
Internal Rate of Return (IRR) harus
lebih besar dari bunga bank
Modal menjadi senjata utama dalam menentukan lancar atau
tidaknya usaha Anda. Mungkin Anda pernah datang ke bank dan mencoba untuk
meminjam kredit tanpa agunan, namun itu nihil. Sekarang ada Kredit GoGo, situs perbandingan keuangan yang dapat membantu
Anda dalam memproses pinjaman yang di inginkan. Berikut kami ringkas beberapa
fasilitas pinjaman tanpa jaminan yang dapat Anda pertimbangkan dan ajukan
secara online,
1. BCA KTA memberikan pinjaman mulai
dari Rp 1 juta s/d Rp 100 juta. Tenor sampai dengan 3 tahun. Suku bunga yang
diberikan oleh BCA adalah sebesar 12% sampai dengan 12.84%. Apabila Anda
ingin mengajukan kredit, maka waktu tunggu aplikasi hingga cair adalah selama
14 hari.
2. Butuh pendanaan yang lebih banyak? Bank DBS bisa menjadi referensi yang
tepat. Memberikan kredit tanpa agunan dengan pinjaman minimal Rp 5 juta sampai
dengan Rp 200 juta. Tenor maksimum yang diberikan mencapai 36 bulan.
3. Permata Bank dengan
produknya KTA Reguler memberikan Anda penawaran kredit tanpa agunan dengan pinjaman
minimal Rp 5 juta s/d Rp 300 juta. Periode kredit yang diberikan adalah 1
sampai dengan 36 bulan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar